BANYUWANGI, (PIIBALI.OR.ID) — R. Aza Fadila Sukma, atlet pencak silat Bali yang juga pelajar di SMK Bina Madina Denpasar berhasil membawa pulang medali perak dalam kejuaraan internasional pencak silat yang diadakan di Banyuwangi. Selain aktif dalam kegiatan sekolah dan pencak silat, Fadila merupakan kader PII Bali yang menjabat sebagai staff PPO PD PII Denpasar periode 2019-2020.

Kejuaraan internasional bertajuk International Open Tounament Pencak Silat of Banyuwangi International Championship 1 tahun 2020 berlangsung di GOR Tawangalun Banyuwangi pada dua hari lalu, pada tanggal 15-16 Februari 2020.

Pencak silat merupakan salah satu jenis kesenian dan juga olahraga yaitu seni bela diri yang berasal dari Asia Tenggara di antaranya Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina, Thailand, dan juga Indonesia Negara kita.

Pencak silat ini merupakan tradisi kesenian yang di sebar melalui tradisi Melayu Nusantara. Hingga seiring berjalannya waktu, jenis kesenian bela diri ini juga mulai tersebar ke Negara Vietnam yang disebarkan oleh orang Indonesia. Hingga kini Negara Vietnam melahirkan pesilat-pesilat yang tangguh dan mendirikan organisasi induk pencak silat di Negara Indonesia yang diberi nama Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

International Open Tournament Pencak Silat of Banyuwangi Championship 1 2020 ini terselenggara atas kerjasama antara Kabupaten Banyuwangi, IPSI ( Ikatan Pencak Silat Indonesia), Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Sayap Rajawali, Persekutuan Pencaksilat antar Bangsa. (wyn)