SINGARAJA, (PIIBALI.OR.ID) — Ribuan lebih peserta dari 38 lembaga keagamaan Islam di Kabupaten Buleleng seperti majelis taklim, lembaga pendidikan, ormas dan organisasi kemahasiswaan Islam semarakkan kegiatan Kirab Ramadhan yang dilaksanakan Masjid Agung Jami Singaraja, Sabtu (4/5/2019) malam. Dan Pelajar Islam Indonesia (PII) Buleleng turut serta meramaikan Kirab Ramadhan.

Kirab Ramadhan menurut Ketua Panitia, Imadudin Syamil, merupakan salah satu syiar untuk menyambut kehadiran Bulan Ramadhan dengan penuh rasa syukur kepada Allah SWT dan semua umat Islam berharap dapat melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh di Bulan Suci Ramadhan karena Lillaahitaalla.

Mengawali Kirab Ramadhan, ba’da maghrib, di atas panggung area Masjid Jami disemarakan dengan penampilan hadrah dari TPQ Masjid Agung Jami dan Ar Rasyid. Lanjut ba’da isya, ribuan peserta Kirab Ramadhan berjalan menempuh rute Jl. Imam Bonjol atau depan Masjid Agung Jami Singaraja, lanjut Jl. Gajah Mada, Jl. Letkol Wisnu, Jl. Pramuka, Jl. Diponegoro, Jl. Erlangga  dan finish di Jl. Imam Bonjol.

Kirab Ramadhan yang baru pertama kali dilaksanakan Masjid Agung Jami Singaraja, bukan hanya disambut antusias peserta, namun juga masyarakat Kota Singaraja. Hal itu terlihat masyarakat tumpah ruah menyaksikan jalannya Kirab Ramadhan dan berjalan lancar sesuai harapan panitia.

“Harapan dari kegiatan ini tentunya berjalan dengan lancar, tertib dan aman dan kami  berharap juga seluruh peserta yang ikut, untuk menjaga ketertibannya, menjaga adatnya sebagai seorang muslim, juga dapat menyemarakkan bulan Ramadhan” ungkap Ketua Panitia, Imadudin Syamil.

Walau tidak ada penilaian khusus dalam Kirab Ramadhan, namun tim panitia akan mengambil 5 peserta kirab terbaik, dinilai dari ketertiban, kerapian dan kekompakan dalam pelaksanaan Kirab Ramadhan.

Sementara itu Ketua Takmir Masjis Agung Jami Singaraja, Haji Abdurahman Alawi mengatakan Kirab Ramadhan yang baru pertama kali digelar Yayasan Masjid Agung Jami Singaraja diharapkan bukan hanya sebatas meriah berjalan lancar, namun juga bermanfaat untuk umat Islam dalam menyambut Ramadhan penuh semangat dengan kegiatan ibadah selama Bulan Suci Ramadhan.

Peserta diharapkan mengikuti tata tertib yang telah disepakati bersama. Khusus di Masjid Agung Jami Singaraja, selain menggelar Kirab Ramadhan, juga selama Bulan Ramadhan melaksanakan buka puasa bersama dan kegiatan ibadah lain di malam hari.

“Yang rutin jika puasa waktu siang, kemudian maghrib ada buka puasa bersama. Berapa hasil orang yang bersedekah, itu yang dibagikan untuk  yang berbuka puasa,” ucap Haji Abdurahman Alawi.

Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada ribuan peserta Kirab Ramadhan dan masyarakat penonton, maka selama berlangsung pelaksanaan Kirab Ramadhan, Sabtu malam, panitia melibatkan personil sat Lantas Polres Buleleng, Polsek, dibantu KOKAM dan BANSERdi Kabupaten Buleleng. (wyn)

Sumber : RRI Bali