Hidayatullah.com– Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy berpesan agar Pelajar Islam Indonesia (PII) kembali menjadi organisasi pengkaderan.

“Mari kembalikan PII ke sekolah lagi,” ungkapnya saat memberikan orasi dalam acara pelantikan Pengurus Besar (PB) PII periode 2017-2020 di Auditorium Indosat Ooredoo, Jakarta Pusat, Sabtu (05/08/2017).

Mendikbud Muhadjir juga menyampaikan bahwa PII tidak zamannya lagi menjadi organisasi pinggiran.

“Karena itu jadikan PII menjadi organisasi yang mengedepankan kepribadian pada nusa dan bangsa serta ajaran Islam,” kata Mendikbud Muhadjir yang juga merupakan Keluarga Besar PII.

Di lain itu, sambung Mendikbud Muhadjir, PII juga harus konsisten dalam membina para pelajar yang ada di Indonesia.

Senada dengan Mendikbud, Ketua Umum PB PII periode 2015-2017 Munawwar Khalil juga berpesan agar PII dikembalikan ke sekolah-sekolah.

“Paling tidak persoalan pelajar mampu ditangani oleh PII,” harapnya.

PII, jelasnya, harus menjadi tempat para pelajar bercurhat dan belajar ketika mereka tidak tahu harus ke mana.

“Sudah semestinya kita sama-sama kembali ke sekolah untuk kita deketkan diri kepada adik kita, untuk membantu membina untuk siap menjadi pemimpin masa datang,” tutupnya.

Ketua Umum PII periode 2017-2020, Husin Tasrik Makruf Nasution, menyatakan bahwa amanah yang telah diembannya akan dioptimalkan dengan sebaik mungkin.

“Banyak problem tapi hadapi dengan sabar dan kita akan melewati bagaimanapun masalahnya,” kata Husin dalam sambutannya.* Ali Muhtadin